Senin, 08 September 2014

Perbedaan E-Public Relation dengan Public Relation Konvensional


E-public relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan di dunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan didalam internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi sampai melakukan customer relations management juga dapat dilakukan di Internet.

Sedangkan pengertian Public Relations konvensional adalah suatu kegiatan Public Relations yang dilakukan pada umumnya di dunia nyata, secara fisik dan bertatap muka langsung serta kegiatan-kegiatan humasnya bersifat langsung juga terhadap publik. Sehingga dengan demikian terjadi sebuah rasa saling percaya antara kedua belah pihak dalam menjalin sebuah kerja sama

Beberapa perbedaan E-Public Relations dengan Public Relations Konvensional, yaitu antara lain :

 Respon yang terjadi cepat, internet dapat merespon secara cepat dengan sema permasalahan dan pertanyaan dari para prospek dari pelanggan. Sedangkan PR konvensional tidak dapat merespon dengan cepat permasalahan, tetapi harus mengadakan riset dan survei secara manual terlebih dahulu.

 Komunikasi yang terjadi konstan, dalam arti internet tidak pernah tidur dengan target audiensnya diseluruh dunia dan mampu bekerja 24 jam non stop. Sedangkan dalam PR konvensional tidak seperti itu, hanya dalam waktu tertentu dan jarak tertentu saja.

 Interaktif, dengan adanya internet para praktisi PR memperoleh feedback dari pelanggan atau pengunjung websites perusahaan. Sedangkan PR konvensional feedbacknya dengan cara bertatap muka langsung dan berkomunikasi langsung.

 PR konvensional sangat bergantung pada perantara (reporter atau wartawan), sedangkan E-PR pesan-pesan yang disampaikan langsung disampaikan kepada target.

 Dalam E-PR biaya yang dikeluarkan menjadi cukup hemat karena dengan adanya internet, oleh sebab itu praktisi PR dan perusahaan tidak harus mengeluarkan budget yang banyak, karena cukup dengan memberikan informasi secara jelas melalui website, semua orang bisa melihatnya. Sedangkan dalam PR konvensional ketika melakukan program harus mengeluarkan biaya besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar